Sunday, September 12, 2010

JENIS-JENIS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PERPUSTAKAAN

JENIS-JENIS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PERPUSTAKAAN

Keberadaan perpustakaan selama ini belum mendapat perhatian serius dari dunia pendidikan. Di beberapa sekolah maupun perguruan tinggi perpustakaan di posisikan sebagai pelangkap dan di biarkan menderita. Kurikulum bolak balik dig anti, guru-guru berulang kali di tatar dan kepala sekolah sampai jemu mengikuti penataran manajemen sekolah. Tetapi nasib perpustakaan sekolah tidak di pikirkan. Dalam undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional masalah perpustakaan hanya samara-samar. Pada bab I pasal 1 ayat 23 disebutkan bahwa “Sumber daya pendidikan adalah segala sesuatu yang di gunakan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tanaga pendidikan, masyarakat, dana, sarana dan prasarana”.Dalam bab-bab berikutnya dan penjelasannya tidak disebutkan dengan jelas komponen apa saja yang di maksud dengan sarana dan prasarana. Hal ini berbeda dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang dulu (UU No. 2 tahun 1989 pasal 35). Dalam undang-undang ini dijelaskan bahwa setiap satuan pendidikan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sember belajar. Pada penjelasan pasal tersebut diterangkan bahwa salah satu sumber belajar yang penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan yang memungkinkan para tenaga pendidik dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang diperlukan.

Perpustakaan merupakan unit kerja yang menghimpun, menhelola dan menyajikan kekayaan intelektual untuk kepentingan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Unit kerja ini akan berdaya guna dan berhasil apabila dikelola oleh tenaga pendidik secara formal minimal Diploma III bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi. Keberadaan perpustakaan berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Perpustakaan di Negara berkembang memiliki beberapa tujuan antara lain :menggalakan keberaksaraan, mendukung kurikulum, pendidikan secara umum dan mengembangkan minat baca. Oleh karena itu pengelola perpustakaan seharusnya tenaga terdidik, selain itu mereka juga harus memiliki pendidikan formal perpustakaan sebagai pengetahuan yang memadai, percaya diri, paham politik dan tidak mengisolasi diri. 

No comments:

Post a Comment